4 Resep DIY Leave In Conditioner, Super Lembut dan Hemat

Jul 03, 2018 by carmelw

Bagi kamu yang memiliki rambut keriting dan bergelombang, pastinya tidak mudah untuk menjaga rambut tetap lembab, agar tidak mudah patah dan rapuh serta mengembang tak beraturan. Salah satu cara paling produktif dan termudah untuk melembabkan rambut adalah dengan menggunakan metode LOC atau yang dikenal dengan The Liquid, Oil, and Cream Method. Metode ini memfokuskan diri pada bagaimana cara menambah kelembapan pada rambut dengan menggunakan kondisioner tanpa bilas atau leave in conditioner yang berbasis air, minyak dan krim.

Sebagaimana yang kita tahu, pelembab berbasis air mampu menjaga dan mengikat kelembapan rambut selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Sayangnya, untuk menemukan kondisioner yang tepat bukanlah masalah yang mudah, apalagi jika menyangkut rambut keriting yang membutuhkan perhatian khusus. Di samping itu harga yang dibandrol untuk membeli leave in conditioner pun tidak murah. Punya pengalaman yang sama?

Nggak perlu bingung lagi, Girls. Kamu bisa kok membuat sendiri leave in conditioner yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu, bahkan dengan biaya yang lebih hemat dan cara yang lebih mudah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ini 4 tips membuat DIY leave in conditioner yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

diy leave in conditioner
Sumber: shutterstock.com

DIY leave in conditioner #1 : Minyak kelapa dan minyak alpukat

Leave in conditioner yang terbuat dari perpaduan minyak kelapa alias coconut oil dengan minyak alpukat sangat cocok digunakan bagi kamu yang memiliki rambut kering dan rapuh. Kandungan bahan dari kondisioner ini memang dirancang untuk melindungi rambut dari kerusakan, di mana asam almino dalam alpukat dipercaya dapat menstimulasi kulit kepala dan proteinnya juga bekerja untuk membangun kembali folikel rambut agar dapat tumbuh secara indah dan alami.

Campur 60 ml minyak kelapa dengan 1 sdt minyak alpukat dalam cangkir kecil aduk rata, sisihkan. Tuang 120 ml gel lidah buaya dengan ⅓ cangkir air bersih ke dalam botol spray lalu tuangkan campuran minyak kelapa dan alpukat. Kocok dengan benar sebelum diaplikasikan pada rambut.

Yang perlu kamu ingat, minyak kelapa dapat membeku pada suhu kamar, sebaiknya hangatkan dahulu sebelum menggunakannya.

DIY leave in conditioner #2 : Soothing Herbal Water

Dasar dari campuran leave in conditioner ini terdiri dari minyak zaitun dan shea butter, yang secara ideal dapat melembabkan rambut yang memiliki tekstur tebal atau kasar. Rosemary dan thyme adalah minyak esensial yang dikemas dengan sifat antiseptik yang bermanfaat untuk mengurangi ketombe, menenangkan kulit kepala yang meradang, serta menyeimbangkan hormon esterogen dalam tubuh demi mendorong pertumbuhan rambut.

Lelehkan shea butter dan minyak kelapa, sisihkan. Campur ½ cangkir santan, 1 gelas air matang, ½ cangkir gel lidah buaya dalam botol spray kecil, sisihkan. Selanjutnya dalam wadah terpisah campur minyak kelapa dan shea butter yang sudah dilelehkan dengan 1 sdt minyak rosemary, dan ½ sdt minyak thyme, lalu tuang campuran minyak ke dalam campuran yang ada di dalam botol spray, kocok secara merata sebelum diaplikasikan pada rambut. Tambahkan air bila dirasa larutan terlalu kental.

Baca Juga: Hair Scrub: Pentingnya Mengangkat Sel Kulit Mati Mengendap di Kulit Kepala

DIY leave in conditioner #3 : Jojoba dan lidah buaya

Minyak jojoba memiliki kemampuan yang sama dengan minyak alami yang dimiliki oleh rambut yaitu untuk menghasilkan kilau rambut secara alami sekaligus memperkuat dan menghaluskannya. Resep leave in conditioner yang ini lebih ringan dan ideal untuk rambut bergelombang dan halus. Kandungan jojobanya dapat mencegah ketombe, sementara itu jus lidah buaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta mengembalikan keseimbangan pH rambut dan kulit kepala.

Campurkan 1 ½ cangkir jus lidah buaya, 2 cangkir air kelapa, dan 2 sdt minyak jojoba dalam botol spray, lalu kocok hingga merata terutama sebelum mengaplikasikannya pada rambut.

DIY leave in conditioner #4 : Santan dan minyak lavender

Resep leave in conditioner yang satu ini sengaja dirancang untuk membantu mengunci kelembapan yang dapat digunakan pada rambut kepang dan sejenisnya. Minyak lavender bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan volume rambut sehingga rambut dapat terlihat tebal alami. Sifat terapeutik alaminya juga ideal untuk menenangkan kulit kepala yang mengalami iritasi dan dapat juga membantu mengurangi stres.

Campurkan ½ cangkir santan dan 3 sdt shea butter yang sudah dilelehkan, lalu tambahkan 2 sdt minyak jojoba dan 5 tetes minyak esensial lavender. Tuang dalam botol spray, kocok hingga tercampur rata, dan hangatkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada rambut sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Yuk Pahami Manfaat dari Serum Rambut!

Itulah keempat tips DIY  leave in conditioner yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yang harus diingat, sinar matahari dapat merusak khasiat dari kondisioner ini terutama yang terbuat dari minyak esensial, jadi simpanlah dalam tempat yang sejuk dan gelap untuk memperpanjang masa pakainya. Selamat mencoba.

 

Related Articles