4 Resep Cara Membuat Infused Water Yang Enak dan Menyehatkan

May 27, 2018 by carmelw

Belakangan ini infused water yang juga dikenal sebagai detox water menjadi sangat populer karena diklaim memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Infused water adalah air putih yang dipadukan dengan potongan aneka buah di dalamnya.

Biasanya, buah yang dipilih berstekstur daging yang tidak mudah hancur seperti jeruk, strawberry, kiwi, apel, anggur, melon, dan secara umum biasanya orang menggunakan lemon sebagai buah utamanya. Setelah air dan buah bercampur dan diaduk, infused water yang umumnya ditempatkan dalam sebuah botol ini disimpan dalam lemari es semalaman agar rasa air dan sari buah dapat menyatu dengan sempurna. Biasanya, buah yang direndam di dalamnya akan menjadi lembek dan sebaiknya tidak dimakan karena rasanya cenderung berubah menjadi kurang enak.

Minuman yang punya rasa menyegarkan ini banyak digemari karena dipercaya berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, proses detoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh, menurunkan berat badan, hingga mengatur kadar pH dan meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Untuk membuat infused water sangatlah mudah. Namun, yang harus diperhatikan adalah usahakan pilih buah yang berkualitas dan gunakan air matang sehingga aman untuk dikonsumsi. So, buat kamu yang pingin mencoba buat infused water sendiri, kali ini Miignon akan bagikan beberapa cara membuat infused water yang memiliki manfaat bagi tubuh. Ikuti langkahnya, yuk.

Cara memuat infused water lemon

cara membuat infused water
Sumber: shutterstock.com

Selain menyegarkan, infused water lemon juga berkhasiat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan karena sifat alam lemon yang mengandung flavonoid, yaitu pigmen pertumbuhan yang memiliki antioksidan sangat kuat. Selain itu, lemon juga diketahui mengandung vitamin C dan potasium yang dapat menurunkan berat badan dan tekanan darah secara alami.

Bahan:

  • 2 buah lemon, cuci bersih
  • 4 lembar daun mint
  • Air matang sesuai kebutuhan

Cara membuat infused water:

Iris lemon tipis-tipis, tidak perlu dikupas kulitnya, lalu masukkan bersama daun mint ke dalam air matang yang telah disiapkan. Simpan di dalam air es agar lebih segar saat dinikmati.

Baca Juga: Minuman Pendamping Air Putih yang Nggak Kalah Sehatnya

Cara membuat infused water semangka dan seledri

infused water img
Sumber: flickr.com

Infused water semangka dan seledri sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, terutama bagi mereka yang menderita hipertensi. Selain itu, infused water ini juga dapat berfungsi mendetoksifikasi tubuh dan menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.

Bahan:

  • 1 liter air matang
  • 4 potong semangka ukuran sedang, potong kotak-kotak
  • 1 lembar daun seledri, sobek-sobek

Cara membuat infused water:

Tempatkan air pada wadah botol, lalu masukkan potongan semangka dan daun seledri ke dalamnya. Simpan di dalam lemari es, minimal 4 jam agar dapat dinikmati dengan lebih segar.

Cara membuat infused water kiwi dan strawberry

infused water kiwi dan strawberry img
Sumber: pexels.com

Perpaduan kiwi dan strawberry akan menghasilkan infused water yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin demi menjaga kesehatan tubuh dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahan:

  • 1 liter air matang
  • 1 cangkir strawberry, belah menjadi dua bagian
  • 1 buah kiwi ukuran sedang, potong tipis-tipis

Cara membuat infused water:

Siapkan air dalam botol, lalu masukkan strawberry dan kiwi ke dalamnya. Setelah itu dinginkan selama minimal 4 jam agar lebih seger saat dinikmati.

Cara membuat iInfused water kurma dan kismis

infused water kurma dan kismis img
Sumber: whatsnew.id

Infused water kurma dan kismis sangat baik untuk dikonsumsi terutama saat bulan puasa seperti ini. Selain dapat menyehatikan pencernaan, minuman menyegarkan ini juga mengandung serat yang tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Bahan:

  • 1  genggam kurma
  • 1 genggam kismis
  • 500 ml air matang

Cara membuat infused water:

Rendam kurma dan kismis dalam air matang selama 1 malam atau jika selama bulan puasa, buat rendaman di pagi hari agar dapat dinikmati saat berbuka puasa untuk menyegarkan sekaligus mengembalikan energi tubuh.

Kalau minumannya menyegarkan seperti ini, nggak ada alasan lagi untuk menolak minum air putih lagi kan? Pastikan kebutuhan cairan  terpenuhi, setidaknya 2 liter sehari untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Masukkan ke Air Putih Demi Kulit Flawless?

 

Related Articles