4 Hal Ini Seringkali Jadi Pertimbangan HRD, Kamu Saja yang Belum Tahu!

Apr 26, 2018 by Silvia Ayu

Melamar kerja di era modern ini memang nggak semudah kelihatannya. Terbukti makin banyak lulusan sarjana yang menganggur dan nggak tahu arah dan tujuan hidupnya. Ujung-ujungnya, banyak pihak yang disalahkan seperti pemerintah atau badan pendidikan yang nggak membuka lapangan pekerjaan secara besar-besaran.

Padahal guys, ada lho cara paling simpel agar kamu mudah dilirik perusahaan ternama! Yup, dengan introspeksi diri dari hal terkecil seperti caramu dalam menuliskan surat lamaran pekerjaan.

Daripada penasaran, ini nih 4 hal yang seringkali jadi bahan pertimbangan HRD perusahaan untuk menerima atau menolak lamaranmu. Check it out!

 

Hal-hal yang di pertimbangkan HRD versi Miignon

Caramu menuliskan subyek dan body email

pinterest.com

Tanpa kamu tahu, HRD seringkali menilai kepribadianmu dari caramu menuliskan subyek dan body email, lho. Kalau kamu terlalu singkat apalagi dikosongkan, jangan salahkan HRD ya kalau lamaranmu hanya berakhir di lemari penyimpanan!

Untuk itu, buatlah subyek lamaran pekerjaan sesuai instruksi atau paling tidak kamu menuliskan namamu dan jabatan apa yang kamu lamar. Untuk body email, silahkan kamu tulis maksud dan tujuanmu melamar tanpa basa-basi.

Contoh body email yang baik dan benar;

Yth,

HRD Miignon

di Tempat

Berikut ini saya lampirkan surat lamaran pekerjaan beserta kelengkapan lainnya dalam satu file. Besar harapan saya untuk bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yakni tahap wawancara.

Terimakasih atas perhatiannya,

Salam, Gina Maulida

CV dan surat lamaran pekerjaanmu yang berantakan

tumblr.com

Mengirimkan lebih dari satu surat lamaran pekerjaan ke beberapa perusahaan memang wajar. Tapi, akan menjadi hal fatal kalau sampai kamu lupa mengedit atau meng-update-nya bukan? Bayangkan kalau kamu kurang teliti mengganti nama perusahaan A, padahal di sana masih tertulis perusahaan B. Duh, ini nih yang suka bikin angka pengangguran bertambah!

Atau, kamu kurang kreatif dalam membuat CV-mu sendiri. Coba deh kamu kreasikan CV-mu ke desain yang lebih atraktif tapi nggak terlalu mencolok. Banyak kok tutorialnya di YouTube atau Google, rajin-rajin buka, ya!

Sosial mediamu berisi konten yang nggak senonoh

giphy.com

Siapa bilang HRD nggak bisa mengecek akun sosial mediamu? Ya, kamu yang punya sosial media dan berisi konten nggak senonoh siap-siap saja untuk ‘ditendang’ dari dunia kerja. Bukannya tega, hal ini dimaksudkan untuk menjaga nama baik perusahaan dan juga kredibilitas kerjamu. Untuk itu, mulai sekarang lebih dijaga lagi ya dalam menggunakan sosial mediamu!

Baju yang kamu kenakan saat wawancara

tenor.co

Menyesuaikan warna dan model baju untuk wawancara itu penting banget! Pihak HRD bisa saja menolak lamaranmu hanya karena kamu yang kurang teliti memakai baju bermotif polkadot atau leopard saat datang ke wawancara. Bukan berarti kamu nggak boleh pakai baju warna-warni, tapi usahakan jangan terlalu ‘ramai’ dan merusak mata, ya!

Related Articles