4 Cara ‘Bodoh’ Atur Keungan Ala Anak Kos Ini Nyatanya Ampuh Buat Kontrol Pengeluaran!

Feb 07, 2018 by Silvia Ayu

Jangan remehkan anak kos. Mereka itu hebat, mereka itu mandiri!

Buat yang udah pernah merantau dan tinggal di tempat kos pasti paham, kalau hidup adalah perjuangan. Untuk mendapatkan sesuatu saja, harus ada usaha berupa menabung atau menyisihkan sebagian uang saku hingga akhrinya bisa terwujud. Ya, meski terlahir dari keluarga berada, yang namanya anak kos pasti erat kaitannya dengan hidup irit dan aktivitas menabung!

Sebagai buktinya, Miignon akan menjelaskan trik menabung ‘bodoh’ ala anak kos yang terbukti ampuh untuk kontrol pengeluaran. Yes, kamu akan jadi super irit setelah ini!

4 Cara Kontrol Pengeluaran ala Anak Kos

 

Makan enak cukup sekali atau dua kali dalam sebulan

giphy.com

Alih-alih menikmati hidup, kamu jadi enjoy saja makan di restoran bintang lima padahal masih awal bulan. Seperti anak kos, mereka sangat anti untuk mengeluarkan uang hanya demi menuruti gengsi. Ibaratnya, nggak apa-apa makan seadanya asal gizinya tercukupi dan perut kenyang.

Boleh saja makan enak, tapi cukup beberapa kali saja per bulan. Sedikit memaksa, tapi ya memang harus dipaksa!

Nggak harus branded, yang penting penampilanmu pantas dan enak dilihat

giphy.com

Kadang ada lho mereka yang dengan bangganya memamerkan barang-barang branded hanya demi sebuah pengakuan. Padahal di belakangnya, kebutuhan lain masih belum terpenuhi dan membeli barang branded adalah sebuah kesalahan fatal. Dan di antara teman kalian pasti ada deh yang hobinya begini, hayooo ngaku?

Kenapa kamu nggak berburu barang diskonan tapi yang masih bagus? Toh, kualitasnya hampir sama tapi harganya jauh beda kan?

Jangan malas buat ngumpulin uang recehan!

bijak kontrol pengeluaran pic
giphy.com

Siapa sangka, uang recehan bisa berguna buatmu di suatu hari nanti?

Kesannya memang sepele, tapi cara ini bisa menyelamatkanmu dari kehabisan uang mendadak. Bayangkan saja kalau suatu hari kamu butuh beli makan, sedangkan di dompet sama sekali nggak ada uang, apa yang bisa kamu lakukan? Yup, di sinilah peran uang receh yang sesungguhnya!

Ikut arisan

celengan photo
giphy.com

Nggak perlu banyak, cukup 50.000 atau 100.000 saja per bulan.

Cari tahu teman atau komunitasmu yang mengadakan arisan dan inilah kesempatanmu untuk ikut. Toh nggak susah kan menyisihkan uang 50.000 atau 100.000 per bulan? Keuntungannya, kamu bisa menabung lewat jalur paling murah dan mudah.

Langkah mana yang akan kamu ikuti?

Related Articles