4 Alasan Tak Boleh Asal Pilih Pekerjaan Pertama

May 21, 2018 by Gabriella Sakareza

Pekerjaan pertama adalah fase awal kehidupan yang membentuk sikap dan pola pikir dalam perjalanan menemukan dan mencapai sukses. Hal ini dikemukakan oleh Managing Director Asia Pasific LinkedIn, Olivier Legrand dan Managing Director GrabPay Indonesia, Ongki Kurniawan.

Tentunya di pekerjaan pertama, ini adalah pertama kalinya bagi seseorang terjun di dunia profesional. Meskipun sudah pernah magang, tapi tanggung jawab anak magang dan karyawan sudah pasti berbeda. Karyawan akan lebih terjun lebih dalam, baik urusan pekerjaan maupun sistem perusahaan yang perlu dijalankan.

Kenapa sih seseorang perlu tahu bahwa pekerjaan pertama itu begitu penting dan tak bisa dianggap remeh?

Dapet Mentor Pertama

source: pixabay.com

Pekerjaan pertama mengantarkan kita buat belajar dari mentor pertama kita dalam mencapai kesuksesan. Entah itu manajer, supervisor, koordinator lapangan, atau apa pun posisi orang yang menjadi mentor kita itu, mereka akan menjadi sumber utama kita buat belajar. Kalau pekerjaan pertama kita bukan pekerjaan yang kita inginkan, kesempatan ketemu mentor yang tepat jadi sia-sia. Sayang banget, kan?

Membangun Rasa Percaya Diri

source: pixabay.com

Dengan bekerja di bidang yang kita inginkan atau sukai, jam kerja kita di bidang ini pun jadi bertambah banyak. Seiring bertambahnya jam terbang, kita bakal makin percaya diri buat terus melakukannya di masa depan. Nggak cuma itu, kita juga jadi lebih percaya diri karena pengalaman kerja pertama membuat kita tahu caranya membangun dan menjaga relasi kerja.

Meningkatkan Keahlian

pekerjaan pertama sukses img
source: pixabay.com

Nggak cuma menambah jam terbang, keahlian kita di bidang yang kita tekuni juga bakal nambah, termasuk kemampuan komunikasi kita. Manfaatnya, selain menambah daftar keahlian dan riwayat pekerjaan di curriculum vitae, pekerjaan pertama juga membantu kita memetakan apa yang selanjutnya bakal kita lakukan dengan keahlian kita ini.

Membangun dan Memperluas Koneksi

pekerjaan pertama profesional img
source: pixabay.com

Di tempat kerja pertama kita bakal ketemu banyak orang dalam relasi hubungan kerja. Atasan dan rekan-rekan kerja, misalnya, bisa jadi penyelamat yang membantu kita mendapat pekerjaan selanjutnya atau meningkatkan karier di bidang pekerjaan yang sama. Kita juga bakal ketemu sama mitra-mitra kerja dari pihak eksternal. Jaringan kerja kita pun jadi bertambah lebar, dan tentunya ini bakal berguna buat kita di masa depan.

Baca juga

4 Pekerjaan Magang Keren untuk Isi Liburan Kuliah

Stres dengan Pekerjaan di Kantor? Ini Tips mengatasinya

Related Articles