3 Resep Cokelat Tiga Bahan, Mudah Dibuat Sendiri Untuk Kado Valentine Tahun Ini

Feb 06, 2018 by carmelw

Biasanya, kalo lagi ngomongin Valentines Day nggak akan jauh-jauh dari manisnya coklat yang selalu dijadikan pilihan bingkisan tanda cinta buat orang yang dikasihi. Daripada beli di luaran dan kurang mengesankan, kreasikan yuk cokelat buatanmu sendiri dengan resep cokelat dari Miignon ini!

Selain akan membuat bingkisan ini jadi lebih spesial, resep cokelat kali ini dibuat hanya dari tiga bahan saja. Selain mudah, kreasi cokelat ini bahkan bisa kamu buat di sela-sela aktivitas sibukmu, karena nggak butuh waktu lama buat mengolahnya.

Soal rasa dan penampilan? Nggak perlu diragukan lagi, apalagi ada ditambahkan bumbu cinta di dalamnya. Dijamin lebih unik dan berkesan. Simak resep dan cara pembuatannya di bawah ini, yuk, Girls.

Resep cokelat tiga bahan #1: White Chocolate Fudge

White Chocolate Fudge pic
Sumber: shutterstock.com

Bahan:

  1. 1 kaleng susu kental manis
  2. 2 cangkir coklat putih
  3. 1 cangkir kacang almond atau kacang-kacangan lain

Cara membuat:

  1. Letakkan cokelat putih ke dalam panci. Tuang susu kental manis di atasnya, lalu panaskan dengan suhu rendah sehingga tercampur rata. Saat panci memanas, aduk dengan menggunakan sendok kayu hingga semua bahan meleleh seluruhnya hingga membentuk adonan yang rata dan tidak menggumpal.
  2. Matikan kompor, lalu campurkan kacang  ke dalamnya. Tuang adonan cokelat ke dalam cetakan yang telah disiapkan sebelumnya. Jika ingin menambahkan topping di atasnya, lakukan sekarang juga sebelum cokelat mengeras.
  3. Diamkan sejenak pada suhu ruang, lalu masukkan ke dalam lemari es setidaknya selama 2-3 jam untuk mempercepat prosesnya.
  4. Keluarkan cokelat dari lemari es dan tunggu dahulu dalam suhu ruang agar wadahnya tidak berembun saat dikemas dengan cantik.

Baca Juga: 3 Resep Cokelat Unik Dengan Rasa Asin Yang Bikin Nagih

Resep cokelat tiga bahan #2: Red Velvet Choco Truffles

resep cokelat 3 bahan photo
Sumber: shutterstock.com

Bahan:

  • 250 gram cream cheese
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 100 cup gula bubuk
  • Pewarna makanan red velvet secukupnya
  • Cokelat putih untuk lapisan

Cara membuat:

  1. Campur dalam satu wadah besar, gula bubuk, keju cheddar, dan cream cheese dalam kemudian aduk hingga rata dengan menggunakan whisker agar adonan tidak menggumpal.
  2. Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan red velvet, kemudian aduk  kembali adonan hingga rata. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam lemari es selama kurang lebih 2 hingga 3 jam.
  3. Cairkan cokelat putih dengan cara ditim di atas panci berisi air dengan api kecil, sisihkan.
  4. Keluarkan adonan dari lemari es, kemudian taburi telapak tangan dengan gula bubuk, ambil sedikit demi sedikit adonan dengan menggunakan sendok, lalu bentuk bulat-bulat. Tempatkan di atas loyang yang dialasi kertas kue, taburi dengan topping sesuai selera hingga adonan habis.
  5. Terakhir masukkan kembali ke dalam freezer agar adonan mengeras dengan sempurna.

Resep cokelat tiga bahan #3: Chocolate Berry Cups

Bahan:

  • 1 ½ cangkir dark chocolate cooking
  • 1 ½ cangkir whipped cream
  • 2 gelas aneka buah berry (strawberry, blueberry, blackberry)

Cara membuat:

  1. Pertama-tama lelehkan dark chocolate cooking dengan cara ditim di atas panci berisi air dengan api kecil.
  2. Setelah leleh, matikan api, lalu tuang 2 sendok makan cokelat ke dalam cetakan yang dialasi dengan paper cup hingga seluruh permukaannya tertutupi coklat dan membentuk cangkir cokelat. Lakukan hingga cepat hingga semua cokelat habis. Pastikan semua permukaan paper cup tertutupi dengan cokelat sehingga tidak ada lubang saat coklat dingin.
  3. Selanjutnya masukkan dalam freezer sekitar 15 menit hingga cokelat mengeras.

Selanjutnya, isi masing-masing cangkir cokelat tadi sesendok whipped cream dan buah berry kesukaanmu. Voila! Chocolate Berry Cups siap untuk dihias dan dikirimkan pada yang tersayang.

Nggak sulit kan untuk mempraktekkan aneka resep cokelat tiga bahan yang sudah Miignon share di atas? Tunggu apalagi, segera praktekkan untuk gift cantik di hari Valentine tahun ini.

Baca Juga: 6 Kreasi Makanan Cokelat Unik Bercitarasa Asin Gurih, Bukan Cuma Ayam KFC

 

Related Articles