4 Cara Untuk Menjadi Orang Yang Lebih Sabar

Jul 18, 2018 by Karina Mustika

Banyak sekali situasi dalam rutinitas sehari-hari yang sepertinya bikin stres dan memicu emosimu. Contohnya seperti macetnya jalanan, antrian di ATM, serta perdebatan dengan pasanganmu. Itu semua mengharuskan kamu untuk memiliki kesabaran ekstra untuk menghadapinya. Namun pada kenyataan yang ada di dunia yang serba digital sekarang ini, kita terbiasa memiliki apa yang kita butuhkan dengan segera dan serba mudah. Gak heran menjadi orang yang lebih sabar rasanya begitu sulit. Karena lingkunganmu telah membuat kamu berpikir bahwa kamu tidak memiliki waktu untuk itu semua.

Padahal menjadi lebih sabar dapat membuat hidupmu terasa lebih baik. Itulah sebabnya kamu harus mulai belajar untuk berubah dari sekarang. Berikut ini adalah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk memupuk kesabaranmu. Meskipun susah tetap kamu coba ya girls!

Menjadi lebih sabar dengan melakukan beberapa hal ini

lebih sabar
Image: shutterstock.com

Selalu bersyukur

Meskipun terlihat mudah, namun sebagian dari kita sepertinya melewatkan waktu untuk bersyukur tentang banyak hal. Perlu kamu tahu girls bahwa menunjukkan rasa syukur juga memiliki beragam manfaat seperti membuat kamu lebih bahagia, mengurangi stres, dan pastinya menjadi lebih sabar. Karena dengan bersyukur kamu berarti dapat menumbuhkan kontrol diri dan menemukan cara untuk mengurangi ketidaksabaran. Dampak positif lainnya dari sikap ini adalah mengurangi kecenderunganmu yang biasa sering melakukan “impulse buying” hingga tidak pernah menabung.

Berpikiran positif

Salah satu penyebab utama ketidaksabaranmu yang akan berakhir dengan kemarahan adalah prasangka buruk. Dan itu berarti kamu harus mencoba untuk membalik situasi tersebut. Saat kamu mulai tidak sabar, cobalah untuk membuang jauh-jauh segala bentuk prasangka buruk dan ganti dengan pikiran yang positif.

Taklukan rasa tidak nyamanmu

Terlalu lama berada dalam zona nyaman tentu akan membuat kamu merasa kesulitan berada di kondisi yang berbeda. Sedangkan kenyataannya hidupmu tidak mungkin berada hanya dalam satu lingkaran saja. Meskipun hal tersebut membuat kamu merasa tidak nyaman, tapi bukan berarti itu tidak dapat ditoleransi. Jadi kamu memang perlu membuka pikiranmu agar dapat lebih bersabar jika menemui situasi yang tidak kamu inginkan.

Cobalah untuk menunggu

Pasti kamu setuju bahwa menunggu adalah hal yang sangat menyebalkan. Tapi kalian tahu gak sih bahwa ternyata ada hal baik yang tercipta dari kegiatan tersebut? Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa menunggu bisa memberikan efek bahagia dalam jangka panjang. Dari pada kamu bingung dan gak percaya, mending kamu coba melakukan saran ini girls. Contohnya dengan menunggu untuk menonton drama Korea favoritmu hanya pada weekend saja. Atau yang lebih gampang dengan beri waktu ekstra 10 menit sebelum kamu makan brownies yang ada di atas meja.

Gimana girls? Sanggup gak kira-kira? Kalau kamu dapat menaklukkannya, itu berarti kamu semakin melatih kesabaranmu. Dengan begitu kamu juga akan mebih siap menghadapi situasi yang lebih menjengkelkan dari itu.

Baca juga: 

Pentingnya Inner Beauty Untuk Terlihat Cantik Seutuhnya

Cara Menghadapi Orang yang Iri dan Tidak Suka Terhadapmu

Related Articles