Pengen Rambutmu Sehat? Inilah 10 Treatment Terlarang Untuk Rambut Harus Kamu Hentikan

by :

Rambut sebagai mahkota kita sudah semestinya dapat perhatian lebih. Kamu nggak suka memperhatikan rambut atau suka bereksperimen dengan rambut dan nggak ngerawatnya sehingga rambut rusak? Atau kamu merawat tapi nggak tau bener atau salah. Well, mungkin udah bener tapi butuh improvement dalam perawatanmu, tapi coba deh kamu hentikan treatment terlarang untuk rambut berikut ini untuk mendapatkan kembali rambut sehatmu.

10 Treatment Terlarang Untuk Rambut

#1. Memakai Conditioner Pada Akar Rambut

Kita menggunakan shampo untuk membersihkan kotoran pada kulit kepala. Sedangkan conditioner digunakan untuk menutrisi ujung rambut. Jangan pernah berfikir kalo kamu bisa memakai banyak conditioner untuk “memperbaiki” kekeringan yang disebabkan oleh pemakaian shampo. Karena kapasitas deterjen dan pelembab ekstra pada conditioner menyebabkan kulit kepala kita jadi berminyak, lebih mudah kotor dan berketombe sehingga membuat rambut jadi lebih rentan rontok. Jadi jangan pernah memakai conditioner pada akar rambut kalo kamu nggak mau kulit kepalamu berminyak ya.

Source : pixabay.com

#2. Memijat Keras-Keras Rambutmu

Massage atau pijat dilakukan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut karena meningkatkan sirkulasi darah. Tapi jangan sekali-kali memijat kulit kepala keras-keras karena malah akan membuat rambut rontok.

#3.  Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Rambut itu elastis dan cenderung pecah saat basah. Jadi Salah satu treatment terlarang untuk rambut adalah menyisir rambut saat masih basah. Sisirlah pada saat rambut sudah kering dan gunakanlah sisir yang bergigi jarang dan lembut.

treatment terlarang untuk rambut basah pic
Source : pixabay.com

#4. Membiarkan Kepalamu Terkena Panas Matahari Terlalu Lama

Lindungi kulit kepala kita dengan menggunakan topi, payung atau selendang. Ketika kulit kepala kita terlalu terkespos sinar matahari, rambut kita bisa jadi rusak lebih cepat dan kusam.

#5.  Cuci Rambut dengan Air Panas

Jangan keramas dengan air panas karena rambutmu akan berangsur-angsur menjadi kering dan kasar. Biarkan kepala dan rambutmu tetap dingin, sejuk dan bebas dari kerusakan.

#6. Styling Tanpa Heat Protector

Jika kamu menggunakan alat styling yang menggunakan panas, selalu gunakan hear protector. Ini akan melindungi perisai rambutmu dan melindungi rambut agar tidak terbakar. Banyak produk-produk heat protector yang dijual di pasaran dan ini biasanya digunakan 30 menit sebelum kamu mulai menggunakan alat styling-mu.

Source : pixabay.com

#7. Hentikan Kebiasaan Sisir Rambut dari  Akarnya

Ketika rambutmu kusut dan kamu ingin menyisirnya, selalu gunakan sisir dengan gigi jarang. Dan sisirlah dari ujung rambut ke atas. Jangan mulai menyisir rambur dari akar karena rambutmu kemungkinan bisa rentan patah.

#8.  Ikat Rambut Terlalu Kencang

Sebisa mungkin hindari yang namanya hair style yang membuatmu mengikat dan mengencangkan ikatan rambut dengan maksimal. Atau jangan juga menggunakan gaya rambut dengan penggunaan banyak pin. Pilihkan gaya rambut yang loose dan ini akan menyelamatkan rambutmu dari kerusakan.

#9. Tidak Melakukan  Perawatan Aftercare Pada Rambut

Ketika kamu telah melakukan proses kimia pada rambut (bisa pewarnaan, smoothing, curling) kamu wajib memberikan rambutmu perhatian lebih. Banyak perawatan setelah melakukan proses-proses tersebut (aftercare) yang bisa kamu lakukan. Jangan pernah melewatkan sesi maskeran dan conditioner setiap minggunya.

sisir rambut img
Source : pixabay.com

#10.  Lupa Membersihkan Sisirmu dan Rambutmu Menjadi  Cepat Kotor

Kamu sering memeriksa merek dan tanggal pada produk perawatan rambutmu? Good. Tapi apakah kamu juga memeriksa kondisi sisirmu? Ini juga sangat penting girls. Pastikan sisirmu terlihat bersih sebelum memakainya. Bersihkan semua rambut kotor pada sisirmu. Nggak bisa dibersihkan? Mungkin sudah saatnya kamu mengganti sisirmu.