10 Negara Tersehat yang Patut Kamu Kunjungi!

May 08, 2018 by Larissa

Siapa sih yang enggak ingin hidup dengan gaya hidup sehat. Tapi sayangnya, terkadang keadaan tidak memungkinkan kamu untuk melakukannya. Terlebih, Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia tidak bisa mendukung misi kita yang satu ini. Karena itu, tingkat sehatnya hidupmu sebenarnya sangat dipengaruhi di mana kamu tinggal. Banyak orang yang beruntung karena negara atau kota tempat mereka tinggal adalah tempat yang sehat. Jika kamu ingin berlibur ke luar negeri tapi ingin mencoba gaya hidup sehat, kamu bisa mengunjungi 10 negara paling sehat di dunia ini!

 

1. Prancis

negara tersehat img
Shutterstock

Banyak para expert yang merasa Prancis sebagai negara pecinta anggur dan keju adalah negara paradox dalam segi kesehatan. Karena bagaimana caranya negara yang penduduknya selalu memakan makanan tinggi lemak, seperti kue dan daging, bisa menjadi salah satu negara tersehat di dunia. Rahasia para Parisian adalah pada cara mereka berpergian, yaitu mereka selalu berjalan kaki ke mana-mana. Berjalan, bergerak, dan berolahraga sudah menjadi gaya hidup mayoritas penduduknya. Soal makanan, mereka menikmati makanan penuh lemak, tapi tidak dalam porsi besar.

 

2. Selandia Baru

Negara yang satu ini sepertinya sudah tidak aneh lagi kalau masuk ke dalam daftar negara tersehat. Wajar saja, alam New Zealand membuat penduduknya dapat menghirup udara bersih setiap saat. Selain itu, kegiatan outdoor tersedia banyak untuk para penduduknya sehingga mereka selalu aktif. Enggak hanya alamnya, pemerintahnya pun sangat mendukung gaya hidup sehat dengan memberikan bantuan layanan kesehatan.

 

3. Italia

Negara ini sebenarnya memiliki tingkat kesehatan yang cukup berbeda di berbagai belahan negaranya, tapi mayoritas penduduknya sangat sehat karena gaya hidup mereka cenderung sama. Mereka rata-rata berjalan dalam sehari sebanyak 2.5KM. Orang Italia juga banyak minum anggur sehingga antioksidan dalam tubuh mereka tinggi. Mereka juga memiliki diet Meditteranian, antara lain sayuran, buah-buahan, olive oil, dan goat cheese. Italia juga dikenal dengan gaya hidup mereka yang santai dan tidak terlalu terkekang oleh pekerjaan mereka. (Baca juga: Musim Semi Telah tiba! Ini 5 Padang Bunga Tercantik di Dunia!)

 

4. Swedia

Meski negara ini dikenal sebagai tingkat penganggurannya yang cukup tinggi serta perekonomiannya yang cukup sulit, penduduknya memiliki tingkat stres yang cukup rendah. Hal ini dikarenakan mereka sangat senang menghabiskan waktu mereka dengan keluarga dan orang terdekat mereka, sehingga ekspektasi umur mereka cukup tinggi dan tidak rentan sakit.

 

5. Iceland

negara tersehat ice land img
Shutterstock

Iceland adalah negara yang setiap tahunnya berada di jajaran atas daftar negara tersehat. Hal ini disebabkan oleh diet Nordic mereka, tapi mayoritasnya dikarenakan mereka sangat jarang memakan daging merah. Negara mereka juga tidak dipenuhi polusi. Selain itu, Iceland juga sangat bangga dengan kebiasaan mereka yang senang berendam di air panas, alias hot spring.

 

6. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini mungkin tidak punya alam yang mendukung gaya hidup sehat mereka seperti New Zealand. Tapi Singapore punya pemerintah yang sangat peduli pada kesehatan penduduknya. Berkat program kesehatan pemerintahannya, angka hidup Singapore mencapai 84 tahun, loh! Hal ini menunjukkan sebenarnya jika pemerintah serius, negara kita pun bisa hidup sehat, bukan?

 

7. Jepang

Shutterstock

Jepang menduduki posisi nomor satu sebagai negara tersehat di dunia. Pasti enggak mengejutkan lagi untuk kamu, kan? Semua ini dapat dicapai oleh penduduk Jepang karena kombinasi gaya hidup yang sehat antara diet yang sehat dan tingkat keaktifan. Satu hal yang bisa kamu tiru mungkin konsumsi teh oolong yang membuat metebolisme mereka sangat lancar. Mereka juga sangat aktif dengan berjalan ke mana-mana atau selalu menaiki transportasi umum.

 

 

Related Articles