10 Langkah Agar Makeup Tahan Sepanjang Hari

Jan 07, 2018 by Larissa

Setelah kamu selesai merias wajah dan keluar rumah, wajahmu terlihat sempurna. Kamu merasa percaya diri untuk menjalani harimu. Tapi, jangankan seharian, setengah hari saja makeup-mu enggak sanggup bertahan di wajahmu. Padahal kamu sudah memakai makeup yang harganya cukup tinggi dan menjanjikan kamu untuk tampil sempurna sepanjang hari. Jangan kesal dulu dengan makeup kamu. Mungkin salahnya bukan pada makeupmelainkan pada diri kamu sendiri.

Coba deh, ikuti 10 langkah di bawah ini supaya makeup  tahan sepanjang hari.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang hari #1. Persiapkan kulitmu

pesiapan kulit agar makeup tahan sepanjang hari img
Image source: Pixabay

Mau langkah apa pun yang kamu ambil demi makeup tahan sepanjang hari, tapi kamu tidak mempersiapkan dirimu dengan skin care yang tepat sebelum mengaplikasikan makeup, kamu tidak akan mendapat hasil yang kamu ingiinkan. Agar makeup kamu teraplikasikan dengan halus dan tahan seharian, lakukan tiga tahap skin care ini: exfoliate untuk mengangkat sel kulit mati, toner untuk menyeimbangkan pH serta membuat kulit cerah dan segar, dan moisturizer untuk melembapkan kulitmu.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang Hari #2. Gunakan primer pada seluruh area wajah, termasuk mata

Primer adalah kosmetik pertama yang harus kamu aplikasikan jika kamu ingin makeup kamu tahan sepanjang hari. Primer tidak hanya akan mengunci skin care kamu, tapi juga menjadi penghalus lapisan kulitmu. Face primer akan menjadi lapisan untuk foundation, sedangkan eye primer akan menjadi lapisan untuk eye shadow-mu.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang Hari #3. Gunakan oil-free foundation

makeup tahan seharian
Image source: Pixabay

Produk kosmetik berjenis oil-based cenderung lebih mudah terhapus dari wajah. Untuk jenis kulit berminyak, sudah pasti foundation jenis ini harus dihindari. Jika jenis kulitmu adalah kulit kering, lebih baik kamu fokus menggunakan moisturizer yang cukup daripada menggunakan oil-based foundation.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang Hari #4. Jangan lapisi wajahmu dengan makeup yang terlalu tebal

Memakai makeup dengan layer tipis adalah cara agar makeup tahan seharian. Gunakanlah beauty blender untuk mengaplikasikan layer tipis. Ini akan membuat wajahmu bebas dari makeup yang cakey.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang Hari #5. Gunakan eyeliner dan maskara waterproof

makeup tahan seharian
Image source: Pexels

Jika kamu enggak ingin eyeliner dan maskaramu berantakan, gunakanlah jenis yang waterproof. Eyeliner dan maskara cenderung mudah luntur pada bagian bawah mata, terutama kalau kamu memakai eye cream.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang Hari #6. Aplikasikan bedak dengan baik

Bedak dapat menyerap minyak pada wajah dan kosmetikmu. Selain itu, bedak juga bisa mengunci makeup-mu. Jangan aplikasikan bedakmu dengan cara diusap, tapi dengan cara di-tap alias ditekan. Tekan sponge-mu secara merata ke seluruh wajah agar bedak bertahan lama.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang Hari #7. Gunakan lipstik dengan trik ini

gunakan lipstik pic
Image source: Pexels

Jika kamu ingin lipstikmu tahan lama, cara yang paling mudah adalah dengan berpaling ke lipstik jenis matte. Tapi kalau kamu masih lebih suka lipstik jenis glossy, coba trik ini: Aplikasikan lipstikmu seperti biasa, tekan bibirmu pada tisu, aplikasikan bedak pada bibirmu, lalu aplikasikan kembali lipstikmu.

Langkah Makeup tahan Sepanjang Hari #8. Gunakan setting spray

Setting spray adalah langkah akhir agar makeup-mu tahan sepanjang hari. Tidak hanya akan me-refresh makeup, spray ini juga akan mengunci makeup-mu agar terus menempel di wajahmu.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang Hari #9. Gunakan kertas minyak

makeup tahan seharian
Image source: Pixabay

Jika kamu sudah merasa minyak sudah mulai muncul di wajahmu, basmi minyak di wajahmu dengan kertas minyak, jangan tisu. Gunakan dengan menekankannya dengan lembut pada kulit agar tidak merusak makeup, jangan diusap, ya.

Langkah Makeup Tahan Sepanjang Hari #10. Jangan sentuh wajahmu

Tips yang paling penting demi makeup yang tahan sepanjang hari adalah jangan menyentuh wajahmu dengan tanganmu. Saat kamu menyentuh wajahmu, kamu bisa menghapus makeup atau makeup bisa jadi berantakan. Selain itu, kuman yang ada pada tanganmu bisa berpindah ke wajahmu dan menyebabkan jerawat.

Itu dia 10 langkah mudah agar makeup  bertahan sepanjang hari. Selamat mencoba!

Baca lebih lanjut:

Jamsu, Metode Mencelup Wajah Full Make Up ke Dalam Air Agar Awet Seharian

Pakai Setting Spray Setelah Makeup, Harus Banget Enggak Sih?

Satu Langkah Mudah Agar Makeup Lebih Tahan Lama

Trik Aplikasi Foundation Anti Cakey Dengan Coveragenya Tinggi

Related Articles